SANTRIWATI MBS BUMIAYU RAIH JUARA 1 CERDAS CERMAT ISLAM LOMBA MAPSI TINGKAT KABUPATEN BREBES TAHUN 2022

Oleh: Wenny Nurul ‘Aini, S.Pd.I (Pengasuh Santriwati MBS Bumiayu)

Brebes – Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE., MH membuka secara resmi Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Islam dan Seni Islam (MAPSI) SMP ke-25 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Brebes di SMPN I Larangan, Senin (10/10/22). Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug dan penyematan tanda peserta, juri serta panitia (https://panturapost.com/buka-mapsi-tingkat-smp-bupati-brebes-bangun-generasi-muda-islami/).

Bupati Brebes dalam sambutanya berharap ajang lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) bisa menjadi kawah chandradimuka pembentukan generasi Islami. Pasalnya, peserta mampu mengasah diri akan bakat dan keterampilan serta keahlian atas bimbingan guru agama masing-masing (https://sinarpaginews.com/pendidikan/57061/bupati-buka-pelaksanaan-mapsi-tingkat-smp-idza-mapsi-membangun-generasi-islami.html). “MAPSI bisa menjadi ajang peningkatan prestasi, mudahan-mudahan seluruh peserta bisa menjadi generasi Islami yang mumpuni,”(https://www.majalahfakta.id/lomba-mapsi-menjadi-ajang-pembentukan-generasi-islami-kabupaten-brebes/).

“Saya yakin,  kegiatan semacam ini dapat menjadi ajang yang tepat untuk mengasah kecerdasan intelektual, spiritual sekaligus bakat kesenian bagi para siswa di kabupaten Brebes,” ujarnya (https://jateng.kemenag.go.id/2022/10/lomba-mata-pelajaran-dan-seni-islam-mapsi-brebes-tingkat-smp-tahun-2022/).

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes  Charidah, M.Pd, Kepala Kementrian Agama Brebes Drs. H. Fajarin, M.Pd, Ketua Dekranasda Kabupaten Brebes Dr. H. Warsidin M.H., Staf ahli Bupati Brebes bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Untung Rizaludin, SE, staf ahli Bupati Brebes bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir. M Furqon Amperawan, MP, Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Brebes Misbahudin Rois M.Pd, para kepala sekolah, dewan juri, guru pembimbing dan peserta MAPSI SMP, Muspicam Larangan serta Kepala sekolah dan guru pembimbing (https://www.brebeskab.go.id/index.php/content/1/mapsi-membangun-generasi-islami).

Dalam kesempatan tersebut H.Fajarin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mengharapkan dengan lomba Mapsi kali ini dapat dijadikan sebagai wahana meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran dan pengajaran mapel PAI di seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Brebes, sehingga generasi penerus bangsa dari Brebes memiliki karakter dan berakhlakul karimah (https://jateng.kemenag.go.id/2022/10/lomba-mata-pelajaran-dan-seni-islam-mapsi-brebes-tingkat-smp-tahun-2022/).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Caridah M.Pd melaporkan, MAPSI diikuti 221 peserta perwakilan 17 kontingen dari SMP se Kabupaten Brebes (https://www.emsatunews.co.id/2022/10/guna-membangun-generasi-islami-pemkab.html). Mereka tersebar dalam beberapa jenis cabang yang dilombakan. Yakni,: Lomba Cerdas Cermat Islam (1 regu berisi 3 peserta bisa Putra/Putri/Campur) dan Lomba Tahfizh al-Qura’n (Putra dan Putri), Lomba Pidato/Syarhil  (Putra dan Putri), Lomba Tilawah al-Qur’an (Putra dan Putri), Lomba Tartil al-Qur’an (Putra dan Putri), dan Lomba Kaligrafi (Putra dan Putri), ungkap Rosikin selaku ketua panitia (https://jateng.kemenag.go.id/2022/10/lomba-mata-pelajaran-dan-seni-islam-mapsi-brebes-tingkat-smp-tahun-2022/).

Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari semua pihak terutama keluarga besar PPM MBS Bumiayu akhirnya tiga santriwati (Ranee Fauziyah Yasmin, Aldhitadina Aulia Rahayu, dan Dinar Bintang Anestesia) yang mengikuti Cerdas Cermat Islam (CCI) pada ajang lomba MAPSI kali ini dapat kembali meraih juara 1”, ungkap Ustadzah Wenny Nurul ‘Aini, S.Pd.I selaku pendamping kontingen (https://suaramuhammadiyah.id/2022/10/12/mbs-bumiayu-raih-juara-1-cerdas-cermat-islam-mapsi/).

Ia merasa bangga karena ketiga santriwati MBS Bumiayu dapat lolos kembali pada tingkat Kabupaten Brebes dan bulan November akan berlaga kembali pada tingkat Propinsi. Oleh karenanya, kata Wenny, semua pihak harus bahu membahu men-drill secara maksimal ketiga jagoan tersebut agar bisa tampil prima, energik dan maksimal. (https://suaraaisyiyah.id/santriwati-mbs-bumiayu-kembali-juarai-lomba-mapsi-kabupaten-brebes/).

Berdasarkan penelusuran identitas ketiga siswa SMP MBS Bumiayu melalu bagian Tata Usaha diperoleh informasi bahwa Ranee Fauziyah Yasmin adalah alumni SD Supriyadi, Pedurungan, Semarang asal dari Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan Aldhitadina Aulia Rahayu adalah alumni SD Negeri Ciputat 06 Tangerang Selatan, Banten asal dari Karangkancana, Kuningan, Jawa Barat. Sementara, dan Dinar Bintang Anestesia adalah alumni dari MI Luqman al-Hakim Slawi, Tegal asal dari Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Drs.H. Muhtadi selaku Kepala SMP MBS Bumiayu mengatakan bahwa sekolah yang dipimpinya adalah sekolah Islam berbasis pesantren yang belajarnya full 24 jam. “Kami sangat bangga atas keberhasilan tiga santriwati tersebut yang telah kembali mendapat juara 1 CCI seperti saat bertanding di tingkat Kecamatan Bumiayu”, ungkapnya. Kemenangan ini, ujar Muhtadi adalah sebuah anugerah besar karena bisa mempromosikan keberadaan MBS Bumiayu di tingkat Kabupaten Brebes, selain itu,  skill dan karakter para santri juga kian kuat (https://tajdid.id/2022/10/11/santriwati-mbs-bumiayu-kembali-jadi-juara-1-cci-mapsi-brebes/).

Ia menandaskan bahwa keberhasilakan ini adalah berkat sinergi yang komunikatif semua pihak, terutama para pembimbing dan pendamping yang terus men-drill kemampuan ketiga santri tersebut. “Kita berharap semoga pada tingkat propinsi nanti, ketiga santriwati tersebut juga dapat tampil lebih maksimal lagi dan tentunya membawa kemenangan kembali”, imbuhnya (https://www.mediamu.id/2022/10/13/santriwati-mbs-bumiayu-kembali-menjadi-juara-1-cci-mapsi-brebes).

Yuli Mulyani, S.Pd selaku Wakil Kepala SMP MBS Bumiayu menyambut hangat pesan Kepala Sekolah dan pengasuh santriwati dengan harapan bahwa semua santri dapat bisa memaksimalkan semua potensinya. bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273, tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik https://bit.ly/maps_mbs). Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.