PONDOK PESANTREN MBS BUMIAYU TERUS CETAK HAFIZH QUR’AN

Oleh: Ilham Dwi Setywan, S.M. (Kabag Bahasa PPM BS Bumiayu)

Brebes – Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS)  Bumiayu, Brebes, Jateng,  menggelar ujian tahfidz 5 juz untuk menguji kualitas hafalan Al-Qur’an para santri. Hal ini dikatakan Kepala Kepengasuhan Santriwan MBS Bumiayu, ustadz Rizal IM di Masjid KH.Mudzakir kompleks MBS Bumiayu dan “Alhamdulillah ujian tahfizh kali ini dapat berjalan dengan khidmat dan lancar”, imbuhnya. (https://suaraaisyiyah.id/santri-asal-kalimantan-tengah-ikuti-ujian-tahfidz-5-juz-sekali-duduk-di-mbs-bumiayu/).

Acara yang berlangsung sejak pukul 16.00-20.30 WB dipandu oleh Ustadz M. Wildan Khoeruzidanna tersebut ditayangkan secara live steaming melalui channel youtube, Instragram dan facebook MBS Bumiayu (https://pwmjateng.com/muhammadiyah-brebes-terus-lahirkan-hafiz-quran-1/).

Menurut salah satu penguji, ustadz Ilham Dwi S, SM, ujian tahfidz kali ini (Sabtu, 29 Oktober 2022) baru bisa diikuti oleh seorang santri asal Propinsi Kalimantan Tengah, atas nama Muhammad Alfin Al-Mubarak. “Alhamdulillah Santriwan Alfin sukses mempertahankan 5 juz hafalannya yaitu juz 30, 29, 28, 27 dan juz 26 di depan dewan penguji yang terdiri dari ustadz Ilham dan ustadz Amin Sulaiman, serta seluruh santri MBS Bumiayu, Pimpinan Pesantren, Pengurus ranting dan pengurus PCM” tegasnya (https://tabloidmatahati.com/sekali-duduk-5-juz-santri-mbs-bumiayu-brebes-bikin-haru/).

Dalam kesempatan yang sama, ustadz Amin selaku penguji berharap bahwa santri harus tekun untuk mengulang hafalannya sehingga semakin kuat kecintaan pada al-Quran sebagai bekal untuk memperkokoh diri dan membangun fondasi keimanan seorang muslim (http://www.tablighmu.or.id/2022/10/mbs-bumiayu-gelar-ujian-tahfidz-5-juz.html).

Pondok Pesantren MBS Bumiayu tiga tahun yang lalu juga juga dapat melahirkan seorang hafidzah 30 Juz. Namanya Rayya Nur Maulida asal Dukuhturi, Tegal, Jawa Tengah. Kemampuan hafalannya itu terbukti ketika menjalani ujian dan wisuda tahfidz. Dengan lancarnya, Rayya mampu menyambung bacaan secara acak dari enam guru pengujinya.

Nurkholis (47) ayah dari Rayya juga tidak dapat menyembunyikan rasa bahagianya. Anak pertamanya tersebut benar-benar membanggakan dirinya dengan tuntas menghafal Alquran 30 juz. “Bagi kami sekeluarga ini hadiah yang ternilai, ananda Rayya telah hafal 30 juz Al-Qur’an,” ucapnya. Diungkapkan, sejak masih di bangku SD, Rayya sudah rajin membaca dan menghafal Alquran dengan bimbingan ibunya. Kebetulan ibu Rayya juga guru ngaji di tempat tinggalnya di Dukuhturi Kabupaten Tegal. “Ibunya yang selalu mendampingi dan membimbingnya waktu menghafal saat masih sekolah di SD,” ungkap Nurkholis (https://kumparan.com/panturapost/kurang-dari-dua-tahun-santriwati-mbs-bumiayu-ini-jadi-penghafal-alquran-1vPdypsnsxd/full).

Mudir atau pengasuh MBS Bumiayu, Sutriyono mengatakan bahwa Tahfidzul Qur’an merupakan program unggulan di MBS Bumiayu. Tujuannya untuk “melahirkan anak didik yang cerdas dan berakhlak mulia agar anak didik kita ini benar-benar menjadi anak-anak yang solih dan solihah dan berprestasi,” katanya (https://panturapost.com/cerita-santriwati-mbs-bumiayu-jadi-penghafal-alquran-kurang-dari-2-tahun/).

Atas prestasi yang dicapai oleh Rayya, MBS Bumiayu memberikan beberapa penghargaan beasiswa.  Penghargaan ini untuk memotivasi santri lainnya agar dapat berprestasi seperti Rayya. “Kami sangat senang, santri kita dapat menyelesaikan hafalan dan tergolong cepat. Sehingga kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan,” pungkasnya (https://panturapost.com/cerita-santriwati-mbs-bumiayu-jadi-penghafal-alquran-kurang-dari-2-tahun/).

Ustadz Rizal Imanullah, S.Pd menyambut hangat pesan kedua penguji dengan harapan bahwa semua santri dapat bisa memaksimalkan dan meningkatkan hafalannya. Ia juga menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273, tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik https://bit.ly/maps_mbs). Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.