KAJIAN RUTIN BA’DA MAGHRIB DI MASJID NUN KOTA TEGAL HADIRKAN PENGASUH PONPES MODERN MBS BUMIAYU, BREBES

Oleh: Moh. Dwi Eki Ramadhan, A.Md.T (Programmer IT MBS Bumiayu)

Masjid Nur Aisyah Nadirin yang biasa disebut dengan masjid NUN Kota Tegal

MBS Bumiayu – Rombongan Pondok Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd (Pengasuh), Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir), Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (Kabag Humas) dan M. Dwi Eki R, A.Md.T (Tim Media) melakukan safari dakwah ke Masjid Nun Kota Tegal, senin (24/10/2022).

Is Abdurrahman selaku Sekretaris Mudir MBS Bumiayu mengatakan bahwa Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu Brebes menggelar safari dakwah dan silaturrahmi dengan Wali Santri di Kota Bekasi dan Jawa Tengah jalur pantura, yaitu di Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Salah satu tempat yang dituju adalah Masjid NUN Kota Tegal, ungkapnya (https://tajdid.id/2022/11/06/awali-safari-dakwah-mbs-bumiayu-lakukan-home-visit-ke-wali-santri-di-tegal-dan-brebes/).

Ustadz Utsman dalam tausiahnya menerangkan akan pentingnya masjid sebagai media pembekalan, penguatan dan media pendalaman nilai-nilai ke-Islaman. Ia menegaskan bahwa pembangunan karakter anak bangsa diperlukan sebagai upaya menguatkan peningkatan kualitas kader dengan salah satu langkanya adalah melalui manajemen masjid yang dikelola secara profesional. Dengan demikian “Diharapkan masjid sebagai pusat peradaban Islam dan kawah candradimuka akan mampu melahirkan calon-calon pendakwah ulung persyarikatan yang mampu berkompetisi dalam medan dakwah dengan bekal skill mumpuni yang dimiliki para kader tersebut,” tegasnya (https://www.mediamu.id/2022/11/11/awali-safari-dakwah-mbs-bumiayu-lakukan-home-visit-ke-wali-santri/).

Masjid Nur Aisyah Nadirin yang biasa disebut dengan masjid NUN adalah salah satu amal usaha sekaligus sekretariat PDM Kota Tegal yang dikelola oleh PCM Tegal Timur. Masjid megah yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No.52, Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah 52122 merupakan hibah dari keluarga almarhim Haji Nadirin Paskha yang peresmiannya dilakukan oleh Ketua PWM Jawa Tengah, KH.Dr.Tafsir, M.Ag bersama wakil Walikota Tegal, Mohammad Jumadi pada hari ahad, 4 April 2021 (http://www.tablighmu.or.id/2022/11/mbs-bumiayu-brebes-gelar-safari-dakwah.html).

Peresmian masjid Nur Aisyah Nadirin pada hari minggu 4 April 2021 di ruang Masjid Nur Aisyah Nadirin yang berlokasi di jalan Poso atau sekarang bernama Jalan Perintis Kemerdekaan nomer 52 Kota Tegal.dengan di hadiri segenap pengurus Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Kota Tegal serta keluarga besar almarhum Haji Nadirin Paskha. Juga hadir Ketua Pimpinan Wilayah Muhamadiah.(PWM) Jawa Tengah (Dr.Tafsir, M.Ag), Wakil Walikota Tegal (Mohamad Jumadi beserta istri Diah Jumadi). Acara berlangsung lancar hingga selesai (http://www.detakindonesia.com/peresmian-masjid-nur-aisyah-nadirin-nun-sekaligus-kantor-pdm-di-hadiri-wakil-walikota-tegal/).

Peresmian Masjid Nur Aisyah Nadirin (NUN) Kota Tegal

Rinda Asytuti anak ke.2 juga selaku pembuka acara merasa bangga tiada tara dengan di resmikanya masjid ini karena dengan jerih payah almarhum bapak sehingga bisa terwujud dan semoga bisa bermanfaat.untuk semuanya.kami sekeluaga merasa bersyukur hingga di akhir hayat bapak saya (http://www.detakindonesia.com/peresmian-masjid-nur-aisyah-nadirin-nun-sekaligus-kantor-pdm-di-hadiri-wakil-walikota-tegal/).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menghadiri peresmian Masjid Nur Aisyah Nadirin oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tegal pada Ahad (4/4).
Masjid dengan luas tanah 550m² tersebut merupakan wakaf dari almarhum Nadirin Maskha Mantan Ketua PDM Tegal.

“Masjid ini merupakan amal jariyah bagi almarhum Pak Nadirin dan keluarga yang dihibahkan bagi Muhammadiyah dan umat Islam secara luas. Ini merupakan suatu wujud dari betapa almarhum telah mengajarkan kepada kita untuk meninggalkan amal soleh dan kebaikan yang bisa berkelanjutan dan dilanjutkan oleh keluarga dan masyarakat,” tutur Haedar secara daring (https://muhammadiyah.or.id/resmikan-masjid-pdm-tegal-haedar-nashir-ingatkan-mubaligh-untuk-selalu-menebar-positif-dan-berkemajuan/).

Sambutan Wali Kota Tegal saat peresmian Masjid NUN Kota Tegal

Wakil Walikota Tegal merasa haru serta bangga berbaur menjadi satu karena sudah menganggap sebagai orang tua sendiri.dengan adanya beliau alm yang gigih dan ulet di dalam menjalani hidupnya dengan penuh semangat.bahkan sampai beliau waktu masih belum menjadi orang sukses hingga mendapatkan apa yang di cita citakan almarhum Nadirin Paskha curhat kepada saya hingga hingga beliau juga menceritakan hal ikhwal yang akan di bangunya Masjid Nur Aisyah Nadirin (NUN) dan akan di hibahkan ke PDM Kota Tegal, semoga amal ibadahnya di terima oleh Allah Swt karena beliau adalah orang yang nemahami lingkungan. Ucap Jumadi (https://www.jendelaindo.com/2021/04/resmikan-masjid-nur-aisyah-nadirin.html?).

Disela acara, Elly Farisati juga menyampaikan kepada para tamu udangan yang hadir bahwa bapak saya selalu mensuport kepada anak anaknya untuk bisa lebih maju dengan berusaha keras baru bisa menikmati kesuksesan.

“Kami dari keluarga besar almarhum haji nadirin maskha.sangat bangga bahwasanya bisa mewakafkan dua masjid di dua tempat, satu di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal dan yang satu lagi di Jatibarang Brebes desa kelahiran bapak H. Nadirin” (http://www.detakindonesia.com/peresmian-masjid-nur-aisyah-nadirin-nun-sekaligus-kantor-pdm-di-hadiri-wakil-walikota-tegal/).

Sambutan dari Putri Almarhum Haji Nadirin Paskha

Beliau (H. Nadirin) juga sangat sayang terhadap istri tercinta Nur Aisyah hingga anak anaknya.serta keluarga maupun saudara dekatnya sampai sampai beliau berpesan kepada kami sekeluarga “untuk senantiasa mengulurkan tangan jangan sampai memutus tali persaudaraan dan selalu mengedepankan ukuwah Islamiah.dengan pesan yang mendalam oleh bapak kami selalu menjadi penyemangat hidup saya serta keluarga kami dan selalu terngiang untuk tetap semangat seperti kata almarhum bapak Haji Nadirin tangan selalu di atas.

“Jadilah faktor jangan jadi fakta.agar kita selalu melihat kebih jelas hidup di masa mendatang”. Punkasnya (https://www.jendelaindo.com/2021/04/resmikan-masjid-nur-aisyah-nadirin.html?).

Pemberian Cinderamata kepada Ta’mir Masjid NUN Kota Tegal

Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd selaku Kabag Humas MBS Bumiayu menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Dusun kauman Rt 03/I Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273, tepatnya utara Masjid Agung Bumiayu (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik https://bit.ly/maps_mbs.

Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/,”tegasnya.

Editor: Tarkum, SHI., M.Pd (Tim Media & Human Relation MBS Bumiayu)