PESANTREN MBS BUMIAYU LAHIRKAN DUA JUARA NASIONAL (PIDATO BAHASA ARAB DAN HIFZHIL QUR’AN)

Oleh: Utsman Arif Fatkha, Lc., S.Pd.I, M.Pd (Pengasuh Pesantren MBS Bumiayu)

Rista Samara Aziza sang orator Nasional MBS Bumiayu

Brebes – Dua santri SMP MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu, Brebes telah membawa nama harum untuk Kabupaten Brebes di kancah Nasional pada ajang Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) Perguruan Muhammadiyah V dan VI yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yaitu Rista Samara Aziza (OlimpicAD V di Bandar Lampung) dan Mohamad Aji Atkiya (OlimpicAD VI di Universitas Muhammadiyah Semarang (https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/prestasi/).

Rista Samara Aziza adalah alumni dari MI Muhammadiyah Pejogol (MIMUGO), Kecamatan Cilongok, Banyumas (https://www.facebook.com/mimuhammadiyahpejogol.mimugo) yang mempersembahkan medali Emas (juara I) untuk MBS Bumiayu dalam cabang lomba Pidato Bahasa Arab (Ismu in Arabic) pada ajang Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) V yang bertempat di Bandar Lampung pada tanggal 26-29 Oktober 2017. Pembukaan agenda tahunan untuk perguruan Muhammadiyah seluruh Indonesia tersebut berlangsung di GOR Saburai Bandar Lampung. Sedangkan kegiatannya diadakan di beberapa lokasi seperti, LPMP Bandar Lampung, dan komplek perguruan Muhammadiyah Labuhanratu Bandar Lampung (https://www.lampost.co/berita-olimpiade-achmad-dahlan-dibuka-irjen-kemendikbud.html).

Sosok Rista Samara Aziza Peraih Medali Emas OlimpicAD V Bandar Lampung

Sedangkan Mohamad Aji Atkiya merupakan alumni dari yang mempersembahkan medali Perunggu (juara III) cabang lomba Hifzhil Qur’an pada ajang Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) VI yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMU(S) pada tanggal 26-28 Oktober 2019 (https://olympicad6.unimus.ac.id/).

Keberhasilan Samara diawali dengan menjadi juara I Pidato Bahasa Arab di bawah bimbingan Ustadz Muhammad Ridlo, Lc dan Tarkum, SHI., M.Pd pada Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PDM Brebes pada tanggal di SMK Muhammadiyah Brebes bersama tiga rekannya yaitu Anabinta Zamela Zam’a (Juara 1 sains Fisika putri), Morn Embarthi Nekhan (Juara 3 sains Fisika putra) di bawah bimbingan Ustadz Muhammad Ridlo, Lc dan Keanu Nathanael Skifo Parapat (Juara 2 pidato Bahasa Inggris putra) di bawah bimbingan Ustadzah Dea Riana Praharsacitta, S.Pd.

Para Jawara OlympicAD Kabupaten Brebes 2015

Siswa SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu keluar sebagai juara Olympiade Ahmad Dahlan pelajar Muhammadiyah tingkat Kabupaten Brebes yang berhasil mengumpulkan 4 piala dengan rincian juara 1 pidato Bahasa Arab putri atas nama Rista Samara Aziza, Juara 1 sains Fisika putri atas nama Anabinta Zamela Zam’a, juara 2 pidato Bahasa Inggris putra atas Nama Keanu Nathanael Skifo Parapat dan juara 3 sains Fisika putra atas nama Morn Embarthi Nekhan (https://suaramuhammadiyah.id/2016/03/16/ppm-mbs-bumiayu-juara-olympiade-ahmad-dahlan/).

Prestasi Samara terus berlanjut pada tingkat Propinsi Jawa Tengah pada OlimpicAD VI Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 11-13 Agustus 2018 (Medali Perak/Juara II) sampai akhirnya dapat mempersembahkan medali Emas cabang Ismu in Arabic (Pidato Bahasa Arab) OlimpicAD) V yang bertempat di LPMP Bandar Lampung pada tanggal 26-29 Oktober 2017 (https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/250725).

Rista Samara Aziza di Arena OlimpicAD) V Bandar Lampung

Acara yang diikuti oleh kontingen dari perwakilan propinsi se Indonesia tersebut mempertandingkan 22 cabang lomba, di antaranya Matematika, IPA, Fisika, Kimia, Biologi, News Reading in English, Ismu in Arabic, Ismu in English, Otomotif, Robotik, Film Indie, Bussines Plan, Karya Tulis Ilmiah Siswa, Penelitian Tindak Kelas, Penelitian Tindak Sekolah, Majalah Sekolah, Desain Web Sekolah, Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Hafidz Qur’an dan Seni Tapak Suci. Ajang ini diikuti 2.573 peserta yang terdiri dari 550 Sekolah Muhammadiyah yang tersebar di 28 Provinsi se Indonesia (https://pwmjateng.com/empat-besar-juara-olympicad-v-2017-di-bandar-lampung/).

Sementara Mohamad Aji Atkiya sebelumnya pernah meraih rentetan beberapa juara antara lain, Juara 3 Tahfidz Lomba Gebyar Dinamika IPM (GRADIKA) KE VIII yang diadakan oleh PR IPM SMK Muhammadiyah pada tanggal 18-20 Oktober 2018 (https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/prestasi/), dan meraih Perunggu lomba Hifzhil Qur’an Olimpiade Ahmad Dahlan (Olympicad) VI di UNIMUS, 26-28 Oktober 2019 (https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/253537).

Sosok Mohamad Aji Atkiya Peraih Medali Perunggu OlimpicAD VI Semarang

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaaan atas prestasi yang diraih M Aji Atkiya sebagai juara 3 Nasional lomba Hifzhil Quran pada Olimpicad VI di Semarang, pihak sekolah dan pondok menghadiahkan bea Siswa senilai Rp.1,5 juta kepada sang juara. ” Hadiah ini sebagai wujud apreasiasi dan motifasi bagi yang lain agar terpacu berprestasi dibidang yang lainnya lagi,” ungkap Masrukhi sealaku Sekretaris Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bumiayu (https://brebesnews.co/2019/10/mbs-bumiayu-juara-nasional-olimpicad-vi/).

Penyerahan Piala dan Uang Pembinaan untuk  M Aji Atkiya

Bambang Wahyu, M.Pd selaku Kabag Kesantrian dan Kesiswaan MBS menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273, tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik https://bit.ly/maps_mbs). Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.