PPM MBS BUMIAYU GELORAKAN PROGRAM BACK TO MASJID DI JAWA BARAT DAN JAWA TENGAH

Oleh: Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir MBS Bumiayu)

Editor: TARKUM, SHI., M.Pd – Tim Media & Human Relation MBS Bumiayu Brebes

Masjid Mujahidin PCM Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

MBS Bumiayu~Brebes || Rombongan Pondok Pesantren Modern MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu Brebes menggelar Roadshow dakwah melalui program Back to Masjid ke dua Kabupaten di Jawa Barat, dan dua daerah di Propinsi Jawa Tengah, yaitu dua Kabupaten Kota Tegal dan Kabupaten Purbalingga sejak tanggal 5 April hingga tanggal 7 November 2022.

Berangkat dari begitu urgennya fungsi masjid sebagai sarana dakwah, maka Pondok Pesantren Modern MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu Brebes menggelar Roadshow dakwah melalui program Back to Masjid selama 7 hari yang terbagi dalam lima rombongan, yaitu rombongan ke Jawa Barat, Jalur Pantura Jawa Tengah dan Jalur Selatan Propinsi Jawa Tengah.

Rombongan pertama yang langsung dipimpin oleh Wakil Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd dengan anggota: Ustadz Bambang Wahyu S, M.Pd, Ustadz Muhammad al-Fatih, Lc, Ustadz Is Abdurrahman dan Ustadz Tarkum, SHI., M.Pd sampai ke tujuan, yaitu Kabupaten Cirebon pada pukul 02.20. Rombongan langsung menuju rumah kediaman salah seorang sahabat karib Ustadz Tarkum, yaitu Mas Deny Rochman, M.Pd.I (Mantan Ketua Umum PC IMM Banyumas) setelah periode Bang Faozan Amar, MM (Kini beliau Staf Khusus Menteri Sosial) yang sekarang menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon pada hari Selasa pagi, 5 April 2022.

 

Tim safari dakwah setelah menginap di rumah Bapak Lurah, kemudian paginya sarapan bersama beliau, maka setelah sholat shubuh di Masjid dan bersih-bersih. Agenda pertama yang dituju oleh rombongan adalah silaturrahmi ke SD Islam al-Irsyad Lemahabang, Cirebon lalu dilanjutkan ramah-tamah ke wali santri Raditya Harry Dirgantara (Siswa Kelas X SMA MBS Bumiayu) yang berlokasi di Perum PG Sona Sindang Laut Desa Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Setelah ramah tamah dengan keluarga wali santri Raditya Harry Dirgantara kemudian malam harinya, rombongan menuju Masjid Mujahiddin yang berada di Desa Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon untuk mengisi kajian rutin ba’da maghrin sekaligus sholat berjama’ah Isya dan ramah tamah dengan pengurus masjid dan PCM Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Selasa, malam, 5 April 2022.

Rombongan kedua PPM MBS Bumiayu kembali melakukan safari dakwah ke Propinsi Jawa Barat untuk kedua kalinya dengan tujuan kediaman wali santri dari Irham Akbar Rafif (Siswa Kelas X SMA MBS Bumiayu) yang berlokasi di Kelurahan Telagamurni Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada hari Ahad, 16 Oktober 2022. Selepas home visit dan silaturrahmi dengan keluarga santriwan Irham, maka tepat pukul 17.30 WIB rombongan kemudian menuju ke lokasi Masjid Daarut Tarbiyah Cikarang Barat untuk sholat maghrib berjama’ah, mengisi kajian ba’da maghrib dan sholah isya’ berjam’ah.

Masjid Darut Tarbiyah Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat

Rombongan Kedua yang langsung dipimpin oleh Wakil Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd dengan anggota: Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd, Ustadz Is Abdurrahman dan Ustadz Dwi Ekki, ST selepas ramah tamah dengan pengurus dan jama’ah Masjid Daarut Tarbiyah kemudian melanjutkan perjalanan menuju penginapan seraya menikmati pemandangan kota Bekasi pada malam hari.

Pengajian dan Silaturrahmi dengan Wali Santri Adnan Burhanuddin Farhan di Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes

Pada hari senin (17 Oktober 2022), tepat pukul 12.00 WIB, rombongan ketiga yang langsung dipimpin oleh Wakil Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd dengan anggota: Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd, Ustadz Is Abdurrahman dan Ustadz Dwi Ekki, ST.memasuki wilayah Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes setelah melepas lelah dan menikmati indahnya kota Bekasi di Propinsi Jawa Barat tersebut pada malam harinya.

Pada pukul 14.00 WIB, rombongan tim safari dakwah sampai ke tempat tujuan, yaitu rumah Wali Santri dari Adnan Burhanuddin Farhan (Siswa Kelas XI SMA MBS Bumiayu). Tujuannya adalah home visit, silaturrahmi dan memperkuat jalinan ukhuwan antara pengurus pesantren dengan wali santri melalui pengajian dan ramah tamah di rumah Wali Santri dari Adnan yang berlokasi Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tersebut.

Selepas dari Kabupaten Brebes, tim safari dakwah MBS Bumiayu kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke Pondok Pesantren untuk mempersiapkan bekal dan energy sebagai modal dalam safari dakwah satu minggu berikutnya dengan tujuan masjid dan majelis ta’lim di Kota dan Kabupaten Tegal yang lokasi dekat dengan para wali santri dari MBS Bumiayu.

Masjid memiliki kedudukan penting bagi umat Islam sebagai salah satu upaya dalam membentuk pribadi dan kepribadian masyarakat yang Islami. Oleh karena itu, masjid harus dapat diberdayakan atau difungsikan secara optimal, sehingga peran penting eksistensi masjid dapat diwujudkan secara maksimal sebagai pusat pembinaan umat Islam.

Rombongan keempat yang langsung dipimpin oleh Wakil Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd dengan anggota: Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd, dan Ustadz Is Abdurrahman tiba di kediaman Wali Santri Muhammad Zidan Hawari (Siswa kelas X SMA MBS Bumiayu) yang berlokasi di Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana, Kota Tegal Jawa Tengah pada hari Ahad (23 Oktober 2022) tepat pukul 13.30 WIB.

Masjid berfungsi sebagai lembaga ibadah atau lembaga peribadatan, maupun sebagai lembaga dakwah. terbukti dengan adanya kegiatan-kegiatan untuk mensyiarkan Islam dan membangkitkan semangat beribadah, yang berupa kegiatan pengajian majelis taklim, walaupun belum secara rutin dan kontinyu.

Pada pukul 14.30 WIB, rombongan tim safari dakwah selanjutnya menuju Masjid ash-Sholihin Kota Tegal yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No.28 Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal untuk sholat jama’ah maghrib, mengisi kajian ba’da maghrib dan sholat jama’ah Isya yang diteruskan ramah tamah dengan masjid.

Ustadz Utsman dalam tausiahnya, menerangkan akan pentingnya sebuah kemitraan antara lembaga pendidikan (Pesantren/sekolah dengan orang tua dan lingkungan).

“Kemitraan pendidikan diperlukan sebagai upaya menguatkan peningkatan kualitas kader dengan mengelolanya secara professional sehingga akan mampu melahirkan calon-calon pendakwah ulung persyarikatan yang mampu berkompetisi dalam medan dakwah dengan bekal skill mumpuni yang dimiliki para kader tersebut”, tegasnya.

Masjid ash-Sholihin Kota Tegal, Jawa Tengah

Masjid NUN (Nur Aisyah Nadirin) PDM Kota Tegal, Jawa Tengah

Pada hari senin (24 Oktober 2022) tepat pukul 17.40 WIB, rombongan kelima yang langsung dipimpin oleh Wakil Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd dengan anggota: Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd, dan Ustadz Is Abdurrahman memasuki area halaman masjid Masjid NUN (Nur Aisyah Nadirin) Kota Tegal yang berlokasi di jalan Perintis Kemerdekaan No. 52 Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Masjid Nur Aisyah Nadirin yang biasa disebut dengan masjid NUN adalah salah satu amal usaha PDM Kota Tegal yang dikelola oleh PCM Tegal Timur merupakan hibah dari keluarga almarhum Haji Nadirin Maskha (Mantan Ketua PDM Kota Tegal). Masjid megah ini diresmikan oleh Ketua PWM Jawa Tengah, KH. Dr. Tafsir, M.Ag bersama Wakil Walikota Tegal, Mohammad Jumadi pada hari Ahad, 4 April 2021.

Pada pukul 18.10 WIB, tim safari dakwah MBS Bumiayu mengikuti sholat maghrib berjama’ah dilanjutkan dengan kajian ke-Islaman oleh Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd hingga pukul 19.20, kemudian ramah tamah yang selanjutnya rombongan pamitan menuju Majelis Ta’lim al-Muqarrobin Kramat Tegal (kompleks wali santri Fakhriza Septian el-Fayad, santri kelas VIII SMP MBS Bumiayu) untuk mengisi kajian ba’da Isya.

Achmad  dalam bukunya Menuju Masjid Ideal menegaskan bahwa pengembangan masjid sebagai pusat-pusat kegiatan spiritual dan ekonomi umat untuk membentuk manusia seutuhnya yang berakhlak al-karimah (berbudi pekerti yang luhur sejalan dengan nilai-nilai kesopanan, tata krama) melalui pelaksanaan ibadah salat dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya yang diselenggarakan di dalam masjid adalah sebuah keniscayaan yang harus mendapat perhatian utama dan diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari.

 

Menurut Farid Miftah dalam bukunya Masyarakat Ideal menyebutkan: “Masjid dalam peradaban Islam, bukan sekadar sebuah tempat kegiatan keagamaan dan kebudayaan, tetapi merupakan suatu tata kelembagaan yang menjadi sarana pembinaan masyarakat dan keluarga muslim serta insan-insan peradaban Islam”.

Rombongan keenam yang langsung dipimpin oleh Wakil Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd dengan anggota: Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd, Ustadz Is Abdurrahman dan Ustadz Tarkum, SHI., M.Pd tiba area Masjid al-Hasan yang berlokasi di Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada pukul 17.50 WIB hari senin, 7 November 2022.

Wali Santri dari Fahmi Fadhillah Yasien (Siswa kelas X SMA MBS Bumiayu) yang rumahnya tidak jauh dari Masjid al-Hasan mengharapkan agar dari pihak pimpinan PPM MBS Bumiayu dapat menguatkan jalinan ukhuwah dengan mengisi Kajian pada Program Pengajian Malam Selasa Ba’da Maghrib yang sudah rutin diprogramkan oleh PRM Kalikabong tersebut.

Masjid al-Hasan Kalikabong, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah

Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd selaku Kabag Humas MBS Bumiayu menginformasikan bahwa bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Gelombang 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 akan dibuka mulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 3 Maret 2023 dengan kuota 100 santri putra/i untuk jenjang SMP (70 Santri) dan SMA (30 Santri).

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs  https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH. Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273 (tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu), lebis jelasnya bisa langsung bisa klik  https://bit.ly/maps_mbs.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi Ustadzah Azkia Firdausi Zumeira, S.Pd selaku panitia PSB MBS Bumiayu di nomer 0821-2341-8210 atau klik di sini  https://bit.ly/3SFJwf9. Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.

 

LINK BERITA:

  1. TajdidMu (6 November 2022)

Judul: “Awali Safari Dakwah, MBS Bumiayu Lakukan Home Visit ke Wali Santri di Tegal dan Brebes”

https://tajdid.id/2022/11/06/awali-safari-dakwah-mbs-bumiayu-lakukan-home-visit-ke-wali-santri-di-tegal-dan-brebes/

 

  1. TablighMu (7 November 2022)

Judul: “Pengajian Malam Selasa PRM Kalikabong Purbalingga Hadirkan Pembicara dari Pesantren MBS Bumiayu Brebes”

http://www.tablighmu.or.id/2022/11/pengajian-malam-selasa-prm-kalikabong.html

 

  1. PWM Jawa Tengah (8 November 2022)

Judul: “MBS Bumiayu mulai Safari Dakwah ke Jawa Barat”

https://pwmjateng.com/mbs-bumiayu-mulai-safari-dakwah-ke-jawa-barat/

 

  1. TablighMu (8 November 2022)

Judul: “MBS Bumiayu gelar Safari Dakwah dan Silaturrahmi ke Wali Santri”

http://www.tablighmu.or.id/2022/11/mbs-bumiayu-brebes-gelar-safari-dakwah.html

 

  1. VirtuMu (8 November 2022)

Judul: “MBS Bumiayu mulai Safari Dakwah ke Jawa Barat”

https://virtumu.com/2022/11/08/mbs-bumiayu-mulai-safari-dakwah-ke-jawa-barat/

 

  1. MediaMu (11 November 2022)

Judul: “Awali Safari Dakwah, MBS Bumiayu Lakukan Home Visit ke Wali Santri”

https://www.mediamu.id/2022/11/11/awali-safari-dakwah-mbs-bumiayu-lakukan-home-visit-ke-wali-santri/

 

  1. PWM Jawa Tengah (11 November 2022)

Judul: “Pengajian Ranting Kunci Lahirkan Kader Ulama”

https://pwmjateng.com/pengajian-ranting-kunci-lahirkan-kader-ulama/