PROGRAM HOME VISIT PPM KUATKAN JALINAN UKHUWAH DAN SILATURRAHMI DENGANWALI SANTRI MBS BUMIAYU

Oleh: Abdul Aziz Nurrahman, M.Pd (Kabag Humas MBS Bumiayu)

Editor: TARKUM, SHI., M.Pd – Tim Media & Human Relation MBS Bumiayu Brebes

Home Visit dan silaturrahmi dengan Keluarga Wali Santri Adnan Burhanudin di Pesantunan Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

MBS Bumiayu~Brebes || Pondok Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu Brebes menguatkan program Home Visit untuk meneguhkan jalinan ukhuwah dengan silaturrahmi ke Wali Santri di propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Home visit adalah salah satu layanan pendukung yang ada pada Bimbingan Konseling pihak PPM MBS Bumiayu, di mana layanan ini digunakan untuk memperoleh data, pendekatan hingga komitmen untuk menuntaskan atau menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh santri di Pondok Pesantren melalui kunjungan ke rumahnya, sehingga bangunan komunikasi antara pihak pesantren dan wali santri semakin terjalin secara komunikatif.

Kiai Sutriyono, S.Ag menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan home visit ke Wali Santri mengandung maksud untuk menambah kelengkapan data dan informasi tentang keseharian santri melalui proses interview (wawancara) dengan orang tua dan hasil observasi suasana di rumah Wali Santri. Dengan demikian, pihak PPM MBS Bumiayu dapat memberikan penjelasan tentang keadaan dan kondisi santri kepada orang tua secara obyektif, sehingga akan terbangun sebuah kerja sama yang baik antara pihak Pondok Pesantren dengan pihak Wali Santri yang akan menjadi salah satu sarana dalam mengembangkan tingkat kepedulian Wali Santri terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh santri, ungkap Mudir PPM MBS Bumiayu.

Kepala SMP MBS Bumiayu mengungkapkan bahwa fungsi utama dari pelaksanaan home visit adalah mencakup dua hal. Pertama, fungsi pemahaman berupa bimbingan dan konseling untuk menghasilkan pemahaman tentang sesuatu sesuai dengan kepentingan pengembangan santri sebagai peserta didik di PPM MBS Bumiayu. Kedua adalah fungsi pengentasan yaitu bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan solusi atas berbagai permasalahan yang dialami oleh santri sebagai peserta didik di PPM MBS Bumiayu, tutur Drs. H. Muhtadi.

 

Melihat begitu pentingnya adanya home visit sebagai ajang silaturrahmi dalam memperkuat jalinan ukhuwah dan komunikasi antara pihak Pondok Pesantren dengan Wali Santri, maka pimpinan PPM MBS Bumiayu membentuk tim untuk melakukan home visit ke Wali Santri yang berada di Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat serta ke tempat Wali Santri yang tersebar di Propinsi DKI Jakarta, Banten, Jambi, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, DIY, Jawa Timur, NTB, NTT, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku dan Kepulauan Papua secara bertahap, ungkap Ustadz Is Abdurrahman selaku Sekretaris Mudir MBS Bumiayu.

Home Visit di propinsi Jawa Barat diawali dengan silaturrahmi ke kediaman Wali Santri Raditya Harry Dirgantara (Siswa Kelas X SMA MBS Bumiayu) yang beralamat di Perum PG Sona Sindang Laut Desa Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (5 April 2022).

Setelah melakukan home visit dan silaturrahmi ke wali santri Raditya Harry Dirgantara yang berada di Kecamatan Lemahabang tersebut, kemudian rombongan yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd (Wakil Mudir), Ustadz Bambang Wahyu S, M.Pd (Waka Kesiswaan), Ustadz Muhammad al-Fatih, Lc (Pengampu Bahasa Arab/Wali Kelas), Ustadz Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir) dan Ustadz Tarkum, SHI., M.Pd (Tim Media dan Publikasi) melanjutkan perjalanan menuju Masjid Mujahiddin yang berlokasi Perum PG Sona Sindang Laut Desa Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat untuk sholat maghrib berjama’ah, mengisi kajian ba’da maghrib, sholat Isya berjama’ah dan ramah tamah dengan ta’mir masjid serta PCM Lemahabang.

Home Visit dan silaturrahmi dengan Wali Santri di Kecamataan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Home Visit di propinsi Jawa Barat selanjutnya adalah dengan silaturrahmi ke kediaman Wali Santri Irham Akbar Rafif (Kelas X) yang beralamat di Perumamahan Telaga Harapan Raya, Telagamurni Kecamataan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang dilanjutkan menjadi pembicara Kajian Rutin Ba’da Maghrib dan sholat berjama’ah Isya di Masjid Daarut Tarbiyah, Ahad (16 Oktober 2022)”.

Home Visit dan silaturrahmi dengan Wali Santri Irham Akbar Rafif di Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Seusai pengajian dilanjutkan ramah tamah dengan Keluarga besar Wali Santri Irham Akbar Rafif di Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, rombongan yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd (Wakil Mudir), Ustadz Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir), Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (Kabag Humas) dan Ustadz Mohammad Dwi Ekki Romadhon, Amd.T (Tim IT) melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Brebes.

Silaturrahmi berikutnya adalah Home Visit sekaligus pengajian ba’da Ashar di rumah wali santri dari Adnan Burhanuddin (santri Kelas XI SMA MBS Bumiayu) yang berlokasi di Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Brebes yang berada di kompleks MIM Pesantunan, Senin (17/10/2022).

Pengasuh MBS Bumiayu dalam paparannya menjelaskan akan hakikat sepanjang hayat dan pembentukan karakter anak sejak dini sebagai modal awal melahirkan generasi emas persyarikatan yang siap sedia terjun ke medan dakwah dengan skill yang mumpuni dan memadai, sehingga masjid sebagai basis dakwah agar selalu rame oleh pengajian dan kajian Ke-Islaman yang dimotori oleh ustad-ustadz muda dambaan umat, tutur Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd.

Home Visit dan silaturrahmi dengan Wali Santri Adnan Burhanudin di Pesantunan Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Seusai pengajian dilanjutkan ramah tamah dengan Keluarga besar Wali Santri Adnan Burhanudin di Pesantunan Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, rombongan yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd (Wakil Mudir), Ustadz Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir), Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (Kabag Humas) dan Ustadz Mohammad Dwi Ekki Romadhon, Amd.T (Tim IT) melanjutkan perjalanan menuju ke PPM MBS Bumiayu.

Ahad sore (ba’da ashar, 23/10), rombongan tim MBS Bumiayu yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd (Wakil Mudir), Ustadz Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir), Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (Kabag Humas) dan Ustadz Mohammad Dwi Ekki Romadhon, Amd.T (Tim IT) meluncur ke kediaman wali santri dari Zidan Hawari (santri kelas X SMA MBS Bumiayu) yang berada di Kota Tegal untuk ramah tamah hingga jelang maghrib. Kemudian berlanjut menuju ke Masjid ash-Sholihin Kota Tegal yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.28, Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah untuk mengisi kajian.

Dalam tausiahnya, Ustadz Utsman menerangkan akan pentingnya sebuah kemitraan antara lembaga pendidikan (Pesantren/sekolah dengan orang tua dan lingkungan).

“Kemitraan pendidikan diperlukan sebagai upaya menguatkan peningkatan kualitas kader dengan mengelolanya secara professional sehingga akan mampu melahirkan calon-calon pendakwah ulung persyarikatan yang mampu berkompetisi dalam medan dakwah dengan bekal skill mumpuni yang dimiliki para kader tersebut”, tegasnya.

Pada hari senin (24/10), rombongan MBS Bumiayu yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd (Pengasuh), Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir), Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (Kabag Humas) dan Dwi Eki S (Tim Media) melanjutkan safari dakwah ke Masjid Nun Kota Tegal.

Home Visit dan silaturrahmi dengan Wali Santri Zidan Hawari di Kota Tegal

Agenda safari MBS Bumiayu berakhir dengan pengajian di Majelis Taklim al-Muqarrobin Kramat Tegal sekaligus melakukan home visit ke Wali Santri Fakhriza Septian el-Fayyadh (Santri kelas VIII SMP MBS Bumiayu) yang berlokasi di Desa Kertaharja RT 007/RW 001 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd menyatakan “akan urgensi dari soliditas dalam gerakan dakwah dengan membangun jama’ah masjid yang penuh dengan kajian ke-Islaman dan perkuat jaringan dan perkokoh tali silaturrahmi antara sesama aktivis gerakan dakwah agar dakwah persyarikatan Muhammadiyah semakin tumbuh subur dan membumi”.

Pada hari Senin (7 November 2022), rombongan PPM MBS Bumiayu yang terdiri dari Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd (Wakil Mudir), Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (Kabag Humas), Ustadz Is Abdurrahman (Sekretaris Mudir) dan Ustadz Tarkum, SHI., M.Pd (Tim Media dan Human Relation) tiba area Masjid al-Hasan yang berlokasi di Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada pukul 17.50 WIB untuk sholat maghrib berjama’ah, mengisi Pengajian Malam Selasa, Sholat Isya berjama’ah dan ramah tamah dengan pengurus masjid dan pengurus PRM dan PCM Kalikabong.

Seusai ramah tamah, malam hari dilanjutkan dengan home visit dan silaturrahmi ke Wali Santri Fahmi Fadhillah Yasien dan Abrar Naffa Zhalifunnas (Siswa kelas X SMA MBS Bumiayu) yang rumahnya tidak jauh dari Masjid al-Hasan.

Home Visit dan silaturrahmi dengan Wali Santri Fahmi Fadhillah Yasien dan Abrar Naffa Zhalifunnas di Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga

Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd selaku Kabag Humas MBS Bumiayu menginformasikan bahwa bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Gelombang 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 akan dibuka mulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 3 Maret 2023 dengan kuota 100 santri putra/i untuk jenjang SMP (70 Santri) dan SMA (30 Santri).

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs  https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH. Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273 (tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu), lebis jelasnya bisa langsung bisa klik  https://bit.ly/maps_mbs.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi Ustadzah Azkia Firdausi Zumeira, S.Pd selaku panitia PSB MBS Bumiayu di nomer 0821-2341-8210 atau klik di sini  https://bit.ly/3SFJwf9. Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.