SANTRI ASAL MARGASARI, TEGAL MERAIH JUARA II PIDATO BAHASA ARAB TINGKAT KABUPATEN BREBES TAHUN 2022

Oleh: NIHAYATUL AMNIYAH, S.Kom (Pengasuh Bahasa MBS Bumiayu Putri)

Editor: TARKUM, SHI., M.Pd – Tim Media & Human Relation MBS Bumiayu Brebes

Meisya Haya Anaswa, Santriwati Kelas XI IPA-2 SMA MBS Bumiayu sedang menerima Piala dari Koramil Bumiayu Brebes

MBS Bumiayu~Brebes || Meisya Haya Anaswa, Santriwati Kelas XI IPA-2 SMA MBS Bumiayu asal Desa Karangdawa, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah meraih juara II Pidato Bahasa Arab Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2022.

Menurut Ustadz Bambang Wahyu S, M.Pd selaku Ketua Panitia Kegiatan bahwa acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Brebes tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Setda Brebes (Ahmad Sechu, SH, MH), Kepala Kantor Kemenag Brebes (Drs. H. Fajarin, M.Pd), Kasi Pontren Kemenag Brebes (Dr. H. Akrom Djangka Dausat, M.Si), Ketua BAZNAS Brebes (H. Abdul Haris, S.Ag), Kepala Cabang Bank Jateng Brebes (Juniar Shubchi, MM), Camat Bumiayu (Eko Purwanto, SP, M.Si), Kepala KUA Bumiayu (H. M. Fauzi, S.Ag), Sekretaris PCM Bumiayu (Indra Purwanto, M.Pd), Kapolsek Bumiayu (Kompol Heri Riyanto), Danramil 08 Bumiayu (Kapten Inf. Yitno), Wakil Ketua BPP MBS Bumiayu  (M. Faqih Mahtuh, S.Ag), Ketua PRM Bumiayu (H. Kusen), Mudir MBS Bumiayu (Sutriyono, S.Ag), serta 140 Pengasuh Pondok Pesantren se-Kabupaten Brebes, ungkap Waka Kesiswaan SMP MBS Bumiayu.

“Kegiatan yang dikawal ketat oleh pasukan Kokam, dan Banser Bumiayu serta security MBS Bumiayu tersebut akan diawali dengan pembacaan kalam Illahi yang akan disampaikan oleh Ustadz Ahmad Muzzaky dari Pondok Pesantren Matholiul Hikmah Bumiayu dan akan ditutup oleh Drs. H. Fajarin, M.Pd selaku Kepala Kantor Kemenag Brebes”, ungkap Sekretaris Mudir MBS Bumiayu, Ustadz Is Abdurrahman.

Kiai Sutriyono, S.Ag dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dewan asatidz MBS Bumiayu atas kerja keras dan upayanya membimbing santriwati Meisya Haya Anaswa dalam mengikuti Lomba Pidato Bahasa Arab pada Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2022 di Islamic Center pada bulan Oktober yang lalu, ungkap Mudir PPM MBS Bumiayu.

“Ia juga bersyukur atas prestasi salah satu santri MBS Bumiayu yang bernama Meisya Haya Anaswa sebagai juara II Pidato Bahasa Arab Puteri pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Brebes 2022”. tambahnya.

Kiai Sutriyono, S.Ag Selaku Mudir MBS Bumiayu memberikan Sambutan

Kasi Pontren Kemenag Kabupaten Brebes dan Tamu Undangan Berpoto bersama para Pemenang Lomba Peringatan HSN Kabupaten Brebes Tahun 2022

Pada kesempatan yang sama, Dr. KH. Akrom Djangka Dausat, M.Si mengatakan, rangkaian kegiatan hari santri nasional tahun 2022  berjalan sukses dan lancar.

“Selamat bagi peserta yang memenangkan perlombaan, tingkatkan lagi minat dan prestasi sehingga bisa membawa nama harum daerah,” ungkap Kasi Pontren Kemenag Kabupaten Brebes.

Sementara bagi yang kalah lanjut, Kasi Pontren Kemenag Kabupaten Brebes merupakan kemenangan yang tertunda, untuk bisa dijadikan sebagai pelajaran sehingga bisa memacu semangat untuk berprestasi di kemudian hari. Diakhir acara dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah trophy dan uang pembinaan bagi pemenang berbagai lomba, yang digelar dalam memeriahkan peringatan hari santri nasional tingkat Kabupaten Brebes tahun 2022, tambahnya.

Kegembiraan juga dirasakan oleh santriwati Meisya Haya Anaswa, ia mengungakpakan perasaannya:

“Alhamdulillah saya dapat meraih juara II Pidato Bahasa Arab. Semoga prestasi ini, saya dapat mengembangkan bakat dan semakin dapat mempertajam skill yang telah saya peroleh. Kerja keras dan bimbingan dewan asatidz yang telah menghantarkan saya mendapat prestasi ini semoga dapat menginspirasi kawan-kawan semua untuk berani tampil di muka umum (public speaking)”, tutur alumni MTs Ahmad Dahlan Balapulang, Tegal tersebut.

Rangkaian Peringatan  Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 yang diselenggarakan FKPP  Kabupaten Brebes bekerjasama dengan Pemda Brebes, resmi ditutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd, di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu, Sabtu Siang (10/11/2022).

Kakankmenag Brebes Menutup Peringatan HSN Kabupaten Brebes Tahun 2022 di PPM MBS Bumiayu

Kakankmenag mengatakan, momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dapat berfungsi sebagai ajang silaturahmi antar pesantren, serta dapat bersinergi dengan Lembaga-lembaga/ormas ke-Islaman dalam membangun umat di kabupaten Brebes.

”Saya atas nama Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh panitia dan pihak lain yang sudah bekerja keras dalam mensukseskan kegiatan ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, Kementerian agama akan terus mendukung segala kegiatan yang dapat mengembangkan potensi dan bakat para santri demi kemajuan daerah kedepannya.

Mudir PPM MBS Bumiayu pimpin Tamu Undangan Menuju Ruang Transit

Menurut Ustadzah Wenny Nurul ‘Aini, S.Pd.I bahwa acara Penutupan Rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes tahun 2022 diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba Hari Santri Nasional dan doa penutup, kata Pengasuh MBS Bumiayu Putri.

“Gus Fifik Taufiqurrahman Lubis selaku Ketua Panitia Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Brebes Tahun 2022 yang memimpin pembagian hadiah. Sedangkan doa penutup disampaikan oleh Pengasuh Pesantren MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd,” ujar alumni Ponpes MWI Kebarongan Banyumas itu.

Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd selaku Kabag Humas MBS Bumiayu menginformasikan bahwa bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Gelombang 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 akan dibuka mulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 3 Maret 2023 dengan kuota 100 santri putra/i untuk jenjang SMP (70 Santri) dan SMA (30 Santri).

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs  https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH. Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273 (tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu), lebis jelasnya bisa langsung bisa klik  https://bit.ly/maps_mbs.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi Ustadzah Azkia Firdausi Zumeira, S.Pd selaku panitia PSB MBS Bumiayu di nomer 0821-2341-8210 atau klik di sini  https://bit.ly/3SFJwf9. Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.

 

LINK BERITA:

  1. TablighMu (11 November 2022)

Judul: “MBS Bumiayu Kembali Juara Pidato Bahasa Arab Kabupaten Brebes Tahun 2022”

https://www.tablighmu.or.id/2022/11/mbs-bumiayu-kembali-juara-pidato-bahasa.html

 

  1. PWM Jawa Tengah (11 November 2022)

Judul: “Bertempat di Pesantren Muhammadiyah, Halaqah Kebangsaan Brebes Bahas Berbagai Hal Penting”

https://pwmjateng.com/bertempat-di-pesantren-muhammadiyah-halaqah-kebangsaan-brebes-bahas-berbagai-hal-penting

 

  1. Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah (11 November 2022)

Judul: “MBS Bumiayu dipercaya Sebagai Tempat Penutupan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Brebes Tahun 2022”.

https://jateng.kemenag.go.id/2022/11/mbs-bumiayu-di-percaya-sebagai-tempat-penutupan-hsn-di-brebes-2022/

 

  1. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes (13 November 2022)

Judul: “MBS Bumiayu dipercaya Sebagai Tempat Penutupan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Brebes Tahun 2022”.

https://brebes.kemenag.go.id/berita/mbs-bumiayu-di-percaya-sebagai-tempat-penutupan-hsn-di-brebes-2022/

 

  1. ITB Ahmad Dahlan Jakarta (16 November 2022)

Judul: Ponpes Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu Jadi Tuan Rumah Halaqoh Kebangsaan Brebes Tahun 2022”.

https://www.itb-ad.ac.id/2022/11/16/ponpes-muhammadiyah-boarding-school-bumiayu-jadi-tuan-rumah-halaqoh-kebangsaan-brebes-2022/

 

  1. Sang Pencerah (17 November 2022)

Judul: Ponpes Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu Jadi Tuan Rumah Halaqoh Kebangsaan Brebes Tahun 2022”.

https://sangpencerah.id/2022/11/ponpes-muhammadiyah-boarding-school-bumiayu-jadi-tuan-rumah-halaqoh-kebangsaan-brebes-2022

 

  1. Media Dakwah Indonesia (17 November 2022)

Judul: Ponpes Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu Jadi Tuan Rumah Halaqoh Kebangsaan Brebes Tahun 2022”.

https://mdindonesia.id/ponpes-muhammadiyah-boarding-school-bumiayu-jadi-tuan-rumah-halaqoh-kebangsaan-brebes-2022