SANTRI ASAL MIM PEJOGOL CILONGOK BANYUMAS JUARA NASIONAL PIDATO BAHASA ARAB

Oleh: Amaliatul Vitria, S.Pd (Guru Matematika SMP MBS Bumiayu)

Rista Samara Aziza Sang Jawara Ismu in Arabic

MBS Bumiayu –Santriwati angkatan pertama SMP MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu, Brebes telah membawa nama harum untuk Kabupaten Brebes di kancah Nasional pada ajang Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) Perguruan Muhammadiyah V yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Bandar Lampung (26-29 Oktober 2017).

Rista Samara Aziza adalah alumni dari MI Muhammadiyah Pejogol (MIMUGO), Kecamatan Cilongok, Banyumas (https://www.facebook.com/mimuhammadiyahpejogol.mimugo) yang mempersembahkan medali Emas (juara I) untuk MBS Bumiayu dalam cabang lomba Pidato Bahasa Arab (Ismu in Arabic) pada ajang Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) V di Bandar Lampung. Pembukaan agenda tahunan untuk perguruan Muhammadiyah seluruh Indonesia tersebut berlangsung di GOR Saburai Bandar Lampung. Sedangkan kegiatannya diadakan di beberapa lokasi seperti, LPMP Bandar Lampung, dan komplek perguruan Muhammadiyah Labuhanratu Bandar Lampung (https://www.lampost.co/berita-olimpiade-achmad-dahlan-dibuka-irjen-kemendikbud.html).

Acara yang diikuti oleh kontingen dari perwakilan propinsi se Indonesia tersebut mempertandingkan 22 cabang lomba, di antaranya Matematika, IPA, Fisika, Kimia, Biologi, News Reading in English, Ismu in Arabic, Ismu in English, Otomotif, Robotik, Film Indie, Bussines Plan, Karya Tulis Ilmiah Siswa, Penelitian Tindak Kelas, Penelitian Tindak Sekolah, Majalah Sekolah, Desain Web Sekolah, Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Hafidz Qur’an dan Seni Tapak Suci. Ajang ini diikuti 2.573 peserta yang terdiri dari 550 Sekolah Muhammadiyah yang tersebar di 28 Provinsi se Indonesia (https://pwmjateng.com/empat-besar-juara-olympicad-v-2017-di-bandar-lampung/).

Keberhasilan Samara diawali dengan menjadi juara I Pidato Bahasa Arab di bawah bimbingan Ustadz Muhammad Ridlo, Lc dan Tarkum, SHI., M.Pd pada Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PDM Brebes pada tanggal di SMK Muhammadiyah Larangan Brebes bersama tiga rekannya yaitu Anabinta Zamela Zam’a (Juara 1 sains Fisika putri), Morn Embarthi Nekhan (Juara 3 sains Fisika putra) di bawah bimbingan Ustadzah Safika Rahmawati, S.Pd dan Keanu Nathanael Skifo Parapat (Juara 2 pidato Bahasa Inggris putra) di bawah bimbingan Ustadzah Dea Riana Praharsacitta, S.Pd.

Para Jawara Olimpiade Ahmad Dahlan Kabupaten Brebes 2015

Siswa SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu keluar sebagai juara Olympiade Ahmad Dahlan pelajar Muhammadiyah tingkat Kabupaten Brebes yang berhasil mengumpulkan 4 piala dengan rincian juara 1 pidato Bahasa Arab putri atas nama Rista Samara Aziza, Juara 1 sains Fisika putri atas nama Anabinta Zamela Zam’a, juara 2 pidato Bahasa Inggris putra atas Nama Keanu Nathanael Skifo Parapat dan juara 3 sains Fisika putra atas nama Morn Embarthi Nekhan (https://suaramuhammadiyah.id/2016/03/16/ppm-mbs-bumiayu-juara-olympiade-ahmad-dahlan/).

Berdasarkan catatan dari MBS Bumiayu menyebutkan bahwa para jawara Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) tersebut adalah alumni dari MI Muhammadiyah Pejogol (MIMUGO), Kecamatan Cilongok, Banyumas (Rista Samara Aziza), SD Muhammadiyah Bumiayu, Brebes (Anabinta Zamela Zam’a), MI Khaerul Huda Tegalmunding Pruwatan Bumiayu (Keanu Nathanael Skifo Parapat), dan SDN Wanatirta 02 Paguyangan Brebes (Morn Embarthi Nekhan).

Rista Samara Aziza di lokasi OlimpicAD V Bandar Lampung

Prestasi Samara terus berlanjut pada tingkat Propinsi Jawa Tengah pada OlimpicAD VI Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 11-13 Agustus 2018 (Medali Perak/Juara II) sampai akhirnya dapat mempersembahkan medali Emas cabang Ismu in Arabic (Pidato Bahasa Arab) OlimpicAD V yang bertempat di LPMP Bandar Lampung pada tanggal 26-29 Oktober 2017 (https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/250725).

Umi Kulsum, S.S selaku Pembina IPM MBS Puteri menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273, tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik https://bit.ly/maps_mbs). Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/, tegasnya”.

Editor: Tarkum, SHI., M.Pd (Tim Media dan Human Relation MBS Bumiayu)